Wednesday, December 16, 2015

Kue Timpan | | Aceh

Resep Masakan Tradisional Indonesia


Kali ini masakpedia ingin memberikan resep Masakan Tradisional Aceh,mungkin banyak orang yang msih belum  banyak yg tau tentag masakan tradisional khas Aceh ini..Maka dari itu mari kita belajar brsama untuk masakan tradisional ini.
Berbicara tantang Makanan khas daerah di INDONESIA tidak akan pernah ada habisnya dan tidak akan ada ujungnya.Tidak lengkap rasanya jika berwisata tidak mencicipi berbagai macam makanan khas dareah yang dituju. Salah satunya hal yang paling saya senangi jika berwisata kesuatu daerah di INDONESIA adalah Kuliner khasnya yang berbagai macam rasanya.
Salah satunya daerah yang saya kunjungi adalah daerah yang pernah dilanda konflik dan Tsunami 26 desember ditahun 2004 lalu yaitu Nangroe Aceh Darusalam.
Begitu banyak makanan khas daerah Aceh yang nikmat banget yang mesti kalaian harus coba. Mulai dari makanan ringan ( jajanan ) maupun berat dan juga berbagai macam minuman khasnya. Dimulai dari jajanan tradisional yg berbagai macam rasanya, dari kering maupun basah.
  1. Kue Timpan Aceh
Kue timpan aceh sangat populer yang masih tetap digemari oleh masyarakat aceh dan cocok untuk menemani secangkir kopi hangat. Kue timpan Aceh sering sekali dijumpai diacara-acara pesta. Tidak sulit untuk menemukan Kue Timpan Aceh, diberbagai warung-warung didaerah aceh tersedia Kue Timpan Aceh.Daya tahan Kue timpan Aceh kurang lebih Seminggu.



Bahan yang diperlukan:


4 butir Kunming telur

150 gr gula pasir

250 cc santan kelapa

¼ sendok garam

250 gr nangka tua/cempedak


Bahan untuk adonan tepung:


3 sendok makan gula psir

¾ sendok the garam

5 sendok makan santan kental, dididihkan

400 gr tepung beras ketan

450 gr pisang raja yang tua dan ppucuk daun pisang

¼ cup minyak goreng

Cara Membuat:

=>Membuat isi Timpan :

Campurkan telur dan gula pasir di sebuah panci, lalu aduk merata. Setelah itu campurkan bahan yang lainnya dan masak hingga mendidih dan tunggu sampai semua campuran mengental, dan angkat.

=>Membuat adonan tepung :

Campukan gula pasir dan garam dengan santan kental yang telah dididihkan tadi. Uleni tepung ketan dengan pisang raja hingga merata, lalu tuangkan campuran santan panas, uleni kembali sampai adonan menjadi lembut.
Bersihkan pucuk daun pisang dan potong-potong kira-kira berukuran 10 cm, dan olesi sedikit dengan minyak goreng agar tidak lengket. Letakkan pada pucuk daun pisang yang telah dipersiapkan tadi 1 sendok makan adonan tepung, pipihkan secara merata, dan bubuhkan 1 setengah sendok teh adonan isi dibagian tengahnya, lalu bungkus dalam bentuk bulat memanjang.


Tahap akhir


Kukus Timpan kira-kira 15 menit, dan keluarkan Timpan dari kukusan lalu rapihkan dan bersihkan dengan kain atau tissue dan Kue Timpan Aceh siap untuk dihidangkan.

0 komentar:

Post a Comment