Friday, December 18, 2015

Roti Canai | | Aceh

Resep Masakan Tradisional Indonesia

Kali ini masakpedia ingin memberikan resep Masakan Tradisional Aceh,mungkin banyak orang yang msih belum  banyak yg tau tentag masakan tradisional khas Aceh ini..Maka dari itu mari kita belajar brsama untuk masakan tradisional ini.


Dari namanya saja sudah mirip sekali dengan makanan khas india. Nama boleh sama dari rasa jelas beda.

Roti canai bukan disantap saat sarapan saja dapat juga sebagai teman saat ngopi atau minum teh. Bentuk dari Roti Canai seperti telur dadar atau martabak telur.

Untuk membuat Roti Canai mudah tapi sulit, sangat perlu kesabaran yang tinggi.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :


  • 500 gramTepung Terigu Protein Tinggi
  • 35 gramMargarin
  • 2 butirKuning Telur
  • 250 gramMentega
  • 150 mlAir
  • 1 sendok makanMinyak Sayur
  • Garam secukupnya

Cara pembuatannya :


1. campur mentega, terigu garam dan air hangat serta margarin uleni jika tdk menggunakan mixer tambahkan minyak sayur, masukkan telur satu persatu terus diuleni sampai kalis.(tdk melekat ditangan)






2. Seperti ini terlihat mengkilat jika sudah kalis






3.ambil adonan timbang seberat 50-60 gram simpan di loyang yg dipoles minyak lalu tutup dengan plastik dan biarkan selama 4 jam jangan lupa olesi permukaan dengan minyak agar tidak kering.






4. setelah 4 jam ambil sebuah dan lebarkan dengan cara di giling atau ditarik kiri kanan atau atas bawah setipis mungkin lalu olesi dengan buter pelapis merata , lalu gulung memanjang dan lalu simpul kedua ujungnya. Seperti digambar.






5. Setelah kedua ujung bertemu ditengah lalu tumpuk menjadi menjadi satu, seperti digambar.






6. susun diloyang lalu tutup lagi dengan plastik atau kain basah biar kan beberapa saat, kalau saya selalu membuatnya buat malam lalu digoreng pagi harinya. lebarkan atau giling bulat lalu goreng dengan sedikit minyak balik-balik dan tekan agar masak nya merata.





Pada saat baru diangkat dari pengorengan , jangan lupa Roti cane nya kita kemprok pake tangan agar saat dihidangkan akan terlihat tidak kaku dan tampak lapisan rotinya seperti pada gambar. Lebih nikmat disajikan dengan kari atau masakan lainnya, kalau saya suka di siram susu kental manis lalu taburi keju.


0 komentar:

Post a Comment